Categories
Uncategorized

Apa Itu Serangan Jantung

Apa Itu Serangan Jantung

Serangan jantung terjadi ketika aliran darah yang kaya oksigen ke bagian otot jantung tiba-tiba tersumbat dan jantung tidak bisa mendapatkan oksigen. Jika aliran darah tidak pulih dengan cepat, bagian otot jantung tersebut mulai mati.

Pengobatan serangan jantung bekerja paling baik bila diberikan tepat setelah gejala muncul. Jika Anda merasa Anda atau orang lain mengalami serangan jantung, meskipun Anda tidak yakin, segera hubungi * darurat, 112 atau 118 (Indonesia), 999 (Malaysia, Singapura).

Serangan jantung paling sering terjadi akibat penyakit jantung iskemik, juga disebut penyakit jantung koroner atau penyakit arteri koroner. Penyakit jantung iskemik adalah suatu kondisi di mana zat lilin yang disebut plak terbentuk di dalam arteri koroner. Arteri ini memasok darah kaya oksigen ke jantung Anda.

Ketika plak menumpuk di arteri, kondisinya disebut aterosklerosis. Penumpukan plak terjadi selama bertahun-tahun.

Akhirnya, area plak bisa pecah (pecah) di dalam arteri. Ini menyebabkan bekuan darah terbentuk di permukaan plak. Jika bekuan menjadi cukup besar, sebagian besar atau seluruhnya dapat menghalangi aliran darah melalui arteri koroner.

Jika penyumbatan tidak ditangani dengan cepat, porsi otot jantung yang dialiri oleh arteri mulai mati. Jaringan jantung yang sehat diganti dengan jaringan parut. Kerusakan jantung ini mungkin tidak terlihat jelas, atau dapat menyebabkan masalah yang parah atau berkepanjangan.

Gambar A merupakan gambaran gambaran jantung dan arteri koroner yang menunjukkan kerusakan (otot jantung mati) akibat serangan jantung. Gambar B adalah penampang arteri koroner dengan penumpukan plak dan bekuan darah.

Penyebab serangan jantung yang kurang umum adalah kejang (pengetatan) yang parah pada arteri koroner. Kejang memotong aliran darah melalui arteri. Kejang dapat terjadi di arteri koroner yang tidak terpengaruh oleh aterosklerosis.

Serangan jantung dapat dikaitkan dengan atau menyebabkan masalah kesehatan yang parah, seperti gagal jantung dan aritmia yang mengancam jiwa.

Gagal jantung adalah kondisi di mana jantung tidak dapat memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Aritmia adalah detak jantung tidak teratur. Fibrilasi ventrikel adalah aritmia yang mengancam jiwa yang dapat menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani.

* sesuai dengan negara, wilayah, atau kode Anda.

Source: NIH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *